Matapelajaran : GEOGRAFI
Kelas/Semester : XI/1
Alokasi Waktu : 2 x 45menit
Standar Kompetensi:
2. Memahami sumberdaya alam.
Kompetensi Dasar:
2.1 Menjelaskan pengertian sumberdaya alam.
Model Pembelajaran : kepala bernomor (numbered head together)
D. Langkah-langkah Kegiatan:
Pertemuan I:
1. Siswa dibagi dalam 7 (tujuh) kelompok. Setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat
nomor.
2. Guru memberikan tugas tentang pengertian sumberdaya alam dan masing-masing kelompok
mengerjakan tugas tersebut.
3. Setiap Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok
dapat mengerjakan/mengetahui jawabannya.
4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil
kerjasama mereka.
5. Teman yang lain menanggapi, kemudian guru menunjuk siswa yang bernomor lainnya.
6. Siswa menyimpulkan hasil diskusi dengan bimbingan guru.
7. Guru memberikan informasi tentang materi pembelajaran minggu depan.
Pertemuan II:
1. Guru membimbing siswa untuk menuju ke kelompoknya masing-masing.
2. Siswa berdiskusi tentang perbedaan sumberdaya alam yang dapat diperbaharui (renewable
resources) dengan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui (non renewable resources).
3. Siswa mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
4. Siswa menyimpulkan hasil diskusi dengan bimbingan guru.
5. Guru menyampaikan bahwa ulangan harian tentang kompetensi dasar “mengidentifikasi jenis-
jenis sumberdaya alam” dilaksanakan minggu depan.
Sumbermanjingkulon, Agustus 2010