Rabu, 15 September 2010

LOMBA DAYUNG PERAHU NAGA 2010

Dalam rangka memperingati HUT ke-65 Proklamasi Kemerdekaan serta memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1431 H, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab.HSS bekerjasama dengan PODSI HSS dan masyarakat Daha, selasa (14/9) menggelar lomba dayung perahu naga di Sungai Negara (Dermaga Negara) Kecamatan Daha Selatan.

Lomba dayung perahu naga tersebut merupakan event rutin Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab.HSS yang dilaksanakan 2 kali dalam setahun yaitu memperingati HUT Kemerdekaan RI dan memperingati hari jadi Kab.HSS.

Sekretaris Daerah Kab.HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP membuka secara resmi lomba dayung perahu naga dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera start bagi peserta lomba. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah membacakan sambutan Bupati HSS bahwa lomba dayung perahu naga termasuk salah satu cabang olahraga dayung, walaupun sifatnya masih tradisional namun sangat merakyat dibarbagai jenjang, mulai dari tingkat Kab/Kota, Propinsi, Nasional, Regional dan sampai ketingkat Internasional.

Dalam sambutan Bupati mengharapkan dengan di gelarkan event-event tersebut akan melahirkan atlit-atlit handal dan berperestasi dicabang olahraga dayung. Selain itu, lomba dayung perahu naga ini akan dapat menjadi daya tarik tersendiri dalam upaya mengembangkan potensi pariwisata di Kab.HSS.

Untuk itu lanjutnya, Ia berpesan kepada seluruh masyarakat, untuk tetap menjaga kebersihan, keindahan dan keasrian sungai Negara, karena sungai Negara merupakan salah satu andalan yang dapat dijadikan objek wisata di Kab.HSS.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab.HSS H.Suriani,S.Sos,M.AP menyampaikan laporannya bahwa tujuan lomba tersebut antara lain yang pertama untuk melestarikan budaya dan alat transportasi air yang merupakan alat transportasi utama bagi masyarakat di daerah rawa yang telah dilakukan secara turun temurun.

Tujuan yang kedua untuk mengembangkan olahraga perahu naga yang merupakan salah satu olahraga andalan di kab.HSS. Yang ketiga untuk memperingati HUT ke-65 Proklamasi Kemerdekaan RI serta memeriahkan Hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H. Dan yang keempat untuk mengembangkan wisata budaya sekaligus wisata alam.

Peserta lomba dayung perahu naga adalah tim olah raga dayung perahu naga di Kab.HSS yang berjumlah 31 tim yang terdiri dari 3 Kecamatan yakni Kecamatan Daha Utara, Kecamatan Daha Selatan dan Kecamatan Daha Barat. Masing- masing desa ditiap Kecamatan yang mengikuti lomba max 3 tim.

Para pemenang lomba akan diberikan trophy tetap dan hadiah uang pembinaan dari Pemkab.HSS dengan total sebesar Rp.7.500.000,00. Juara I lomba dayung perahu naga adalah PODSI Bayanan dari desa Bayanan, juara II adalah Saung Galing A dari desa Bayanan, juara III adalah Galambuai mati wani dari desa Sungai Pinang, dan harapan I adalah Saung Galing B dari desa Bayanan. (siska_hms)

◄ Newer Post Older Post ►