Rabu, 15 September 2010

Penyebab Small Litters

Faktor Genetik, nutrisi dan manajemen akan dapat mengurangi jumlah telur , jumlah yang dibuahi sampai waktunya. Ternak yang didapat dari keturunan murni tertentu mungkin memiliki lebih tubuh kecil. Nutrisi adalah faktor yang sangat penting terutama energi. Apa pun kondisi skor kurang dari 3 / 4 atau 6 / 10 (kedalaman lemak 16-20 mm pada P2) dapat mengurangi jumlah telur yang dihasilkan. Kekurangan vitamin A dan E dan biotin akan mengurangi tingkat kesuburan dan ukuran anakan babi tersebut. Zearalenone mycotoxin yang estrogenik juga dapat mengurangi kesuburan dan angka kelahiran.

Faktor manajemen juga penting. Pada awalnya Babi dara menghasilkan lebih sedikit telur dan kemudian estrus dan menghasilkan lebih sedikit tekur daripada di inseminasi buatan, sehingga mereka memiliki tubuh lebih kecil. Tingkat pencahayaan yang memadai, suhu, pengelolaan stimulasin dan kondisi pejantan terhadap induk semua berkontribusi terhadap jumlah telur. Jangka waktu juga dapat mempengaruhi jumlah embrio yang akan dihasilkan dan juga kualitas air mani yang dihasilkan. Waktu dan kualitas air mani juga penting untuk inseminasi buatan. Penyakit seperti Parvovirus, PRRS, Leptospirosis, japanese B ensefalitis dan penyakit Aujeszky adalah penyakit yang dapat mengurangi jumlah embrio di janin dan menyebabkan tubuh babi kecil.

Tanda-tanda klinis

Anakan babi kecil diproduksi ukuran mulai dari 4 (sangat 1 atau 2) untuk 11,0 atau lebih (tergantung pada target untuk berkembang biak). Mereka mungkin semua akan layak untuk lahir atau mati, anak-anak babi dan induk juga mungkin ada. Dalam beberapa kasus mungkin terdapat bukti infeksi bakteri yang berkepanjangan seperti pasca-farrowing vulva pelepasan atau penyakit lainnya.

Diagnosis

Pencatatan nomor lahir memungkinkan identifikasi masalah dan pencatatan umur memungkinkan pengelolaan dan penyelidikan adalah penyebabnya. Dimana induk yang telah di catat atau terinfeksi sangat mungkin diadakan pemeriksaan ibu dan anak-anak babi lahir mati untuk agen atau antibodi dan kawanan babi untuk antibodi serum dapat mengkonfirmasi identitasnya. Tidak adanya infeksi umum dari kawanan babi itu harus dikonfirmasi di mana infeksi dicurigai. Identifikasi penyebab non-infeksius harus melibatkan analisis dari catatan peternakan untuk mengidentifikasi pola-pola tersbut. Anakan babi kecil terjadi di babi dara menunjukkan cacat dalam manajemen atau infeksi seperti Parvovirus, kecil di kedua indukkan menyarankan nutrisi yang tidak mencukupi dalam kehamilan dan menyusui atau menyapih sebelum 28 hari dan hubungannya dengan pejantan tertentu mungkin menyarankan kawin atau kualitas air mani. Waktu inseminasi dalam hubungannya dengan ovulasi harus diselidiki oleh manajemen pengamatan di mana tubuh kecil tidak terbatas pada satu pejantan dan inseminasi buatan ternak. Tracts reproduksi indukkan atau dara dapat mengkonfirmasi jumlah telur dibebaskan dan adanya infeksi pada saluran.

Pencegahan

Genetika bertanggung jawab atas terjadinya tubuh kecil, berubah menjadi lebih subur baris babi harus dipertimbangkan. Kualitatif kekurangan dalam ransum (vitamin kekurangan, kehadiran mycotoxins) harus diperbaiki. Kondisi induk harus dikembalikan untuk optimal dengan kepadatan tinggi konsumsi ransum selama menyusui, antara menyapih dan farrowing dan selama 2-4 minggu setelahnya di mana kondisi masih kecil. Worm beban, penyakit dan rendahnya suhu lingkungan harus dihilangkan sebagai penyebab kondisi indukkan kecil. Penyakit reproduksi harus dikontrol oleh vaksinasi (Parvovirus, PRSS, Leptospirosis, japanese B ensefalitis dan penyakit mana Aujeszky relevan / mungkin) atau pengobatan (leptospirosis, infeksi non-spesifik). Perubahan manajemen harus memastikan bahwa dara tidak estrus kedua bahwa yang indukkan tua harus dimusnahkan setelah ketujuh, bahwa babi umur kurang dari 9 bulan atau umur tidak boleh digunakan dan diawasi untuk memastikan perkawinan lengkap. Perkawinan harus dilakukan di tengah-tengah berdiri oestrus (20 jam dari awal) dan diulang setelah 24 jam. Individu papan diidentifikasi sebagai penyebab anakan kecil, babi yang tidak mempunyai kualitas semen yang baik harus dimusnahkan segera. Indukkan yang memproduksi anakan kecil juga harus dimusnahkan.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.pigprogress.net/health-diseases/s/small-litters-95.html

KLIK LINK DIBAWAH UNTUK MENDUKUNG AGAR BLOG INI TETAP ADA: TRIMS!



◄ Newer Post Older Post ►