Selasa, 07 September 2010

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR DALAM GEOGRAFI



Sekolah : SMA Negeri 1 Pagak

Matapelajaran : GEOGRAFI

Kelas/Semester : XI/1

Alokasi Waktu : 2 x 45menit





Standar Kompetensi:

2. Memahami sumberdaya alam.



Kompetensi Dasar:

2.1 Menjelaskan pengertian sumberdaya alam.





Model Pembelajaran : kepala bernomor (numbered head together)

D. Langkah-langkah Kegiatan:

Pertemuan I:

1. Siswa dibagi dalam 7 (tujuh) kelompok. Setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat

nomor.

2. Guru memberikan tugas tentang pengertian sumberdaya alam dan masing-masing kelompok

mengerjakan tugas tersebut.

3. Setiap Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok

dapat mengerjakan/mengetahui jawabannya.

4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil

kerjasama mereka.

5. Teman yang lain menanggapi, kemudian guru menunjuk siswa yang bernomor lainnya.

6. Siswa menyimpulkan hasil diskusi dengan bimbingan guru.

7. Guru memberikan informasi tentang materi pembelajaran minggu depan.



Pertemuan II:

1. Guru membimbing siswa untuk menuju ke kelompoknya masing-masing.

2. Siswa berdiskusi tentang perbedaan sumberdaya alam yang dapat diperbaharui (renewable

resources) dengan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui (non renewable resources).

3. Siswa mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.

4. Siswa menyimpulkan hasil diskusi dengan bimbingan guru.

5. Guru menyampaikan bahwa ulangan harian tentang kompetensi dasar “mengidentifikasi jenis-

jenis sumberdaya alam” dilaksanakan minggu depan.



Sumbermanjingkulon, Agustus 2010



◄ Newer Post Older Post ►