Selasa, 14 September 2010

MORFOLOGI KUDA LAUT (Hyppocampus sp)


Morfologi dari kuda laut sangat unik, bahkan dapat dikatakan menyimpang dari bentuk ikan-ikan pada umumnya. Namun menurut Thayib (1977), meski bentuk tubuhnya menyimpang dari bentuk ikan pada umumnya tapi ia dilengkapi oleh organ-organ yang identik dengan organ-organ ikan. Kuda laut mempunyai sirip punggung yang berfungsi untuk bergerak, insang yang berguna untuk menyerap oksigen dan tulang punggung untuk menopang kerangka tubuhnya. Ciri-ciri dari kuda laut adalah kepalanya membentuk sudut siku-siku terhadap poros tubuhnya, tubuh agak pipih dan melengkung, sepanjang permukaan perut kasar, mempunyai moncong seperti pipa (tube like), sirip ekor tidak ada, ekor lebih panjang daripada kepala dan tubuh, mempunyai ekor prehensile (dapat dililitkan).
Kuda Laut (Hippocampus) merupakan salah satu jenis ikan hias yang bernilai tinggi. Selain untuk kebutuhan pasar dalam negeri juga memasuki pasaran luar negeri. Dari data yang telah ada kuda laut telah diekspor ke beberapa negara antara lain : Singapura , Hongkong , Taiwan, AS, dan Eropa . Pemasaran kuda laut meliputi dijual hidup untuk ikan hias, dijual kering sebagai bahan ramuan obat tradisional (obat kuat) dan untuk jenis penyakit tertentu.
Benih merupakan salah satu faktor pembatas yang menyebabkan budidaya kuda laut belum berkembang. Dengan keberhasilan rekayasa teknik pembenihan kuda laut di Balai Budidaya Laut Lampung, maka usaha budidayanya segera dapat dikembangkan sehingga ketergantungan hasil tangkapan di alam dapat dikurangi
Posted by : Irmawan Syafitrianto
◄ Newer Post Older Post ►