Rabu, 08 September 2010

Wisatawan India dan Cina Penuhi Hotel di Lagoi

BATAM – Jumlah wisawatan dari India dan Cina ke kawasan wisata Lagoi di Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) naik signifikan untuk waktu kunjungan selama liburan Hari Raya Idul Fitri ini yang menyebabkan tingkat hunian kamar atau occupancy mencapai hingga 100 persen.



Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan Raja Akib Rahim mengatakan, kawasan wisata Lagoi yang terkenal dengan keindahan pantainya yang hampir sama dengan Bali selama ini menjadi tujuan wisata turis asing di kawasan Asia, Eropa dan Amerika Serikat.

Negara yang paling banyak mengirim turisnya ke Lagoi antara lain, Singapura , Korea , Malaysia , Hongkong dan Eropa. Namun, untuk waktu kunjungan selama liburan lebaran ini, jumlah turis yang naik tajam berasal dari India dan Cina.

Tingginya kunjungan turis dari kedua negara itu selama lebaran nanti menyebabkan occupancy hotel penuh atau mencapai hingga 100 persen.

“Dari data yang kami dapatkan, jumlah kamar hotel yang sudah terisi di Lagoi ada 1.200 kamar, ditambah lagi dengan vila-vila yang ada dan semuanya sudah penuh selama liburan lebaran tahun ini,” katanya akhir pekan lalu.

Ditambahkan, bagi wisatawan yang masih ingin tetap berkunjung ke Lagoi disarankan untuk mencari penginapan di kawasan pantai Trikora. Untuk itu, pemerintah daerah Bintan telah berkoordinasi dengan perusahaan agen perjalanan untuk mengarahkan wisatawan yang berkunjung ke Bintan ke daerah wisata Trikora. Pasalnya di tempat itu masih ada beberapa hunian yang belum penuh.

Menurut Akib jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bintan khususnya Lagoi terus meningkat setiap tahunnya, itu tidak terlepas dari beberapa program yang dijalankan pemerintah, misalnya program atau event Tour De Bintan yang setiap tahun dilaksanakan. Untuk tahun ini akan diselenggarakan pada 15-17 Oktober 2010.

Tour de Bintan diikuti juga oleh wisatawan asing dan saat ini yang sudah mendaftar untuk Tour de Bintan 2010 berasal dari Inggris, Hongkong, Selandia Baru , Australia , dan Amerika Serikat. Jumlah peserta Tour de Bintan tahun ini akan dibatasi hanya sebanyak 470 peserta. (gus).
◄ Newer Post Older Post ►