Rabu, 15 September 2010

Sebenarnya Danau Toba Lebih Indah dari Bali


Danau Toba yang merupakan salah satu danau terbesar di dunia merupakan keindahan alam yang sangat menakjubkan dan lebih indah dibandingkan dengan danau yang ada di Swiss. Tetapi, kenapa pariwisata Danau Toba ini tidak mengalami kemajuan sebagai salah satu obyek wisata .

Apa sih hebatnya Bali dibanding Danau Toba.? ujar Pirton Roul Hutagalung saat berbincang-bincang dengan Berita, Kamis [25/06] di Jakarta.
Di samping memberikan kontribusi tenaga listrik yang dahsyat, Danau Toba yang terletak pada ketinggian 9.03,7 meter dari permukaan laut itu menjadi aset pariwisata yang sangat mengagumkan yang tiada duanya.

Namun, kita sedih ketertinggalan Danau Toba sebagai daerah tujuan wisata dibanding dengan Bali merupakan bukti ketidakseriusan seluruh elememan masyarakat, khususnya pemerintah untuk membenahi, dan membangun Danau Toba . Kita hanya menjual keindahan alamnya , sedangkan sarana maupun prasarana di kawasan Danau Toba kurang diperhatikan, ujar Pirton Roul Hutagalung.

Tidak adanya pembenahan ini, tutur Printon, seorang wisatawan yang sudah pernah ke Danau Toba dan ingin kembali berkunjung untuk kedua kalinya merasa bosan dan tidak betah tinggal lama. Akibatnya, masa waktu tinggal wisatawan yang relatif singkat di Danau Toba, jelas merupakan kerugian yang besar, karena uang yang dibawa si wisatawan tak banyak dihabiskannya.

Pirton , pun mengakui berbagai masalah menyelimuti pembenahan Danau Toba, antara lain menyangkut masalah mutu jalan , penertiban pembangunan di pinggiran pantai Danau Toba, sadar wisata.
Salah satu pendiri Partai Republikan ini mengakui prihatin melihat kondisi bangunan dipinggir pantai Danau Toba. Pada hal, Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara memiliki Peraturan Daerah (Perda) No 1 Tahun 1990 yang melarang mendirikan bangunan berbentuk apa pun di sepanjang pantai Danau Toba, dengan ketentuan 100 meter dari pantai yang landai dan 50 meter dari lokasi yang terjal.

Pirton juga menyoroti tingkat kesadaran wisata para pelaku pariwisata di Danau Toba belum menggembirakan, terutama di bidang pelayanan yang sangat penting diterapkan dan ditingkatkan.
◄ Newer Post Older Post ►