Rabu, 08 September 2010

Penentuan 1 syawal menunggu hasil rukyat dan hisab

Rembang-Meski Muhammadiyah telah menentukan 1 Syawal 1431 Hijriah jatuh pada Jumat (10/9), namun pemerintah masih belum menentukan 1 Syawal tersebut. Keputusan resmi Pemerintah akan diumumkan malam hari menjelang berakhirnya Ramadhan.


Ketua bahan hizab rukyat (BHR) Rembang Nuril anwar sekaligus kasi Urusan agama islam kantor kementrian agama Rembang mengatakan, untuk menentukan 1 syawal 1431 Hijriayah, BHR Rembang sore ini jam setengah enam akan melakukan rukyat di pantai Binangun Lasem. Oleh karena itu Masyarakat dihimbau dapat menunggu hasil keputusan dari pemerintah.


Nuril anwar menjelaskan, melihat data awal yang dimiliki dimungkinkan tidak terjadi perbedaan penentuan 1 syawal 1431 Hijriah antara Muhammadiyah dan nahdatul Ulama, karena posisi hilal dibawah 2 derajat, sehingga sulit untuk diru’yah, Namun Kalau hilal tidak bisa terlihat, berarti harus menyempurnakan puasa selama 30 hari.


Nuril anwar menambahkan, Rukyat di pantai Binangun ini melibatkan berbagai ormas islam , tokoh masyarakat, dan ahli Falaq. Hasil rukyat akan langsung dilaporkan pada Kantor kementrian agama. Dan penentuan 1 syawal akan diumumkan oleh pemerintah melalui menteri agama melalui sidang itsbat. Kepada seluruh masyarakat dihimbau menunggu hasil penguman dari pemerintah dengan menjaga ketenangan, dan kebersamaan.

◄ Newer Post Older Post ►