Minggu, 12 September 2010

Mengapa air kencing itu panas?

Organ tubuh manusia masing2 memerlukan suhu optimal untuk bekerja.... kenapa kencing panas?? karena suhu kerja optimal organ kelamin,ginjal,& kantung kemih memerlukan suhu 40 derajat sebagai suhu optimalnya.... suhu itu dapat dikontrol dengan menyerap panas hasil gesekan sendi sendi pada tubuh manusia yg dapat dibawa oleh darah... (ingat darah mengandung Hb yg juga mengandung ion Fe, besi red yang bersifat menghantarkan panas.


Suhu optimal tubuh manusia untuk dapat bekerja normal adalah 36-37 oC (kecuali testis, maksimum 35 oC), sehingga diupayakan homeostasis untuk dapat mempertahankann suhu tubuh selalu dalam kondisi itu.


Pengontrolan suhu manusia dilakukan oleh hipotalamus, dilaksanakan secara fisika dan kimia. Secara fisika dengan membuka/menutupnya pori, mempercepat/memperlambat frekuensi pernafasan. Secara kimia dengan menghasilkan keringat dan pemecahan bahan makanan menjadi energi (kalor)


Fungsi Fe dalam sel darah merah tidak untuk membawa panas. Fe sebagai rangka hemoglobin (zat warna merah pada darah) untuk mengangkut oksigen/karbondioksida. Oksigen dibawa ke sel untuk pembakaran bahan makanan di mitokondria sehingga dihasilkan panas.


Urin merupakan limbah yang berisi air dan zat-zat yang tidak berguna sebagai hasil metabolisme tubuh. Bila urin terasa panas itu karena pembuangan kelebihan kalor tubuh.

◄ Newer Post Older Post ►