Kamis, 16 September 2010

Duh,..Enceng Gondok Tutupi Sebagian Danau Toba

Tumbuhan gulma enceng gondok kini sebagian telah menutupi area Danau Toba, hingga mengurangi keindahan kawasan wisata alam kebanggan Propinsi Sumatera Utara (Sumut).
Pantauan dilapangan tanaman gulma enceng gondok itu terlihat di beberapa lokasi di wilayah danau seluas 1.103 kilometer persegi itu. Alam dan lingkungan danau Toba yang diwarnai budaya khas batak, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik domestik dan mancenegara tak terkecuali para delegasi peserta pertemuan tingkat tinggi Pemeritahan Regional sedunia di Sumut.
Namun, kebanggaan dan keindahan danau Toba itu kini terusik dengan munculnya beberapa tanaman enceng gondok yang menutup sebagian permukaan danau.Kondisi alam dan ekosistem kawasan Danau Toba bagaimana pun kini tampaknya terusik. Meluasnya sebaran eceng gondok di sebagian besar kawasan pantai Danau Toba jelas salah satu pertanda bahwa air danau ini sedang berubah. Tak hanya itu, daratan dan lereng di sekitar danau Toba muncul pula lahan-lahan krtis yang jika tidak segera diperbaiki akan makin merusak keindahan kaasan wisata tersebut.

◄ Newer Post Older Post ►