Jumat, 08 Februari 2013

Jembatan Pesawat Terunik dan Teraneh di Dunia

Jembatan Pesawat Terunik dan Teraneh di Dunia - Jerman selalu menarik untuk dikunjungi. Hamburg misalnya, kota ini menjadi kota tujuan wisata yang paling diminati pelancong. Percampuran pemandangan, jajaran monumen bersejarah, dan moderenitas, merangkum semua keindahan Hamburg.

Jerman juga memiliki segudang jembatan megah yang menjadi penghubung danau-danau besar di Jerman. Selain bangunan jembatan raksasa yang menjadi obyek foto, Jerman juga memiliki jalan layang ajaib.

Jalan layang ini berada di jalur tol Leipzig dan yang hanya dilalui pesawat. Kurangnya lahan yang dibutuhkan untuk struktur bandara modern, menjadi alasan dibangunnya jalan layang ini.

Foto 1 : Jembatan Pesawat Terunik dan Teraneh di Dunia
Leipzig - Jembatan layang di jalan tol Leipzig, Jerman, tidak dilewati mobil atau bus, melainkan pesawat! Ini lantaran keterbatasan lahan, sehingga dibangun jalan layang khusus pesawat sebagai perpanjangan landasan terbang Bandara Leipzig. Bukan main!
Foto 2 : Jembatan Pesawat Terunik dan Teraneh di Dunia
Jembatan Ini Adalah Leipzig Halle Airport di Schkeuditz yang menggunakan jalan layang ini untuk menghubungkan landasan pacu dan terminal. Bandara ini memang tidak memiliki terminal dalam satu areal landasan pacu. Terminal dan landasan pacu dipisahkan oleh jalan tol dan jalur kereta api. Untuk itu, pengelola menggunakan jalan layang ini sebagai perpanjangan landasan.

Foto 3 : Jembatan Pesawat Terunik dan Teraneh di Dunia
Bandara ini menyedialan tiga jalur layang dengan panjang masing-masing 3,6 km. Mereka menyebutnya sebagai taxiway. Dua jalur digunakan untuk pesawat yang bersiap take off, dan satu jalur lagi digunakan untuk pesawat yang baru saja mendarat dan akan mengantar penumpang menuju terminal.

Foto 4 : Jembatan Pesawat Terunik dan Teraneh di Dunia
Saat traveling ke Leipzig atau Halle, Jerman dengan pesawat terbang, wisatawan nantinya akan mendarat di Schkeuditz. Ini adalah kota kecil yang diapit oleh dua kota besar ini. Walaupun begitu, nama bandara tersebut adalah Leipzig Halle Airport.

Foto 5: Jembatan Pesawat Terunik dan Teraneh di Dunia
Tapi sayangnya, keterbatasan ruang menjadi kendala. Jika biasanya area landasan pacu dengan terminal berada di dalam satu area, tapi tidak di bandara ini. Di Bandara Schkeuditz, landasan pacu dan terminalnya dipisahkan oleh jalan tol dan rel kereta api, seperti yang dilihat webunic dari situs resmi bandara, Jumat (8/2/2013).

Foto 6 : Jembatan Pesawat Terunik dan Teraneh di Dunia
Waduh, lalu bagaimana cara penumpangnya sampai di terminal setelah landing? Bandara ini boleh saja terkendala dengan terbatasnya ruang, tapi tidak kehabisan akal. Antara landasan pacu dengan terminal dihubungkan dengan jembatan layang. Jadi pesawat bisa lewat dan akses jalan tol dan rel kereta api pun tak terputus.

Bandara Schkeuditz membuat tiga jembatan untuk akses si burung besi. Jembatan tersebut sering juga dikenal dengan nama Taxiway. Masing-masing Taxiway memiliki panjang sekitar 3,6 km.

Foto 7 : Jembatan Pesawat Terunik dan Teraneh di Dunia
2 Taxiway yang berada paling timur, E7 dan E8 digunakan untuk pesawat yang akan bersiap take off di landasan pacu. Sedangakan yang paling barat atau W1 digunakan untuk pesawat yang baru saja landing dan ingin mengantarkan penumpangnya ke terminal.

Jika Anda berada di dalam pesawat, mungkin menyeberangi jembatan tersebut tidak akan terlihat seberapa aneh. Tapi lain halnya jika Anda yang berada di bawah atau di jalan tol. Tinggi jembatan ini sama seperti jalan layang pada umumnya, yaitu sekitar 10-15 meter.

Bayangkan, saat berada di dalam mobil dan 15 meter di atas mobil Anda adalah pesawat terbang. Pasti bakal menjadi pemandangan yang tidak wajar. Tidak percaya? Silakan traveling dan berwisata ke Jerman dan mendaratlah di Bandara Schkeuditz.


Sumber | http://webunic.blogspot.com/2013/02/jembatan-pesawat-terunik-dan-teraneh-di.html
◄ Newer Post Older Post ►