Minggu, 03 Mei 2009

Tips Menulis Artikel Ala Bang Kumis

Halo sobat blogger semua, apa kabar hari ini? Semoga saja akan baik saja ya. Oh ya, sudah menulis artikel belum untuk mengisi posting di blogmu? Lazim disebut update kan? Ketika saya menulis artikel ini saya lagi pusing dan sedikit sebel karena koneksi internet setelah shalat Isya' lelet banget. Masak membuka blog dan niat posting saja sampai bermenit-menit. Eh kok tiba-tiba muncul ide untuk menulis artikel tentang tips menulis bagi siapa saja baik pemula atau pengakhir (istilah mana tuh? Biasa orang yang telah malang melintang di dunia tulis menulis ).

Sebenarnya sich agak mikir-mikir juga mau posting artikel ini karena munculnya pada saat lagi kesel sama koneksi internet. Tapi tak apalah saya posting juga seadanya mengenahi pengalaman saya menulis artikel di blog blog yang saya bangun. Bisa dibilang ini adalah tips konyol yang tak terstruktur dari Bang Kumis. Apa kiat saya kalau menulis artikel di blog?

Gini Tips menulis artikel dari saya, salah satunya adalah :

1. Harus ada inspirasi atau ide atau ilham yang datang ke dalam benak kita. Saya artikan sich inspirasi itu adalah hal-hal yang secara tiba-tiba datang ke dalam batin kita dalam bentuk ilmu pengetahuan, pengalaman menarik atau apa saja yang tiba-tiba timbul dalam otak kita. Nah ini yang akan jadi cikal bakal menulis kita. Adalah tidak mungkin menulis satu hal dengan topik tertentu yang dalam otak kita tidak ada. ya khan? Pokoknya apa saja yang terekam dalam memori berpikir kita wajib kita tulis. Biasanya inspirasi datang pada saat kita santai/relax, saat kita pergi berlibur, bahkan ( maaf ) pada saat kita di dalam kamar kecilpun inspirasi bisa datang tanpa kita undang. Tapi jika ingin produktif menulis tentu jangan menunggu ilham dong. Kita yang harus mencari sendiri ( mencari ilmu ) untuk memperkaya inspirasi. Inspirasi bisa kita gali melalui ebook yang banyak bisa kita dapatkan di internet, melalui surat kabar, majalah, radio, televisi dll.


2. Jika inspirasi datang mau diapakan tuh bos? Ya dituliskan dong. Jika belum sempat menulis di ketika itu juga, ambil alat tulis berupa ball poin atau sejenisnya. Lalu tuliskan pokok pikiran yang timbul di otak kita. Sering ( kalau saya ) lupa jika tidak segera dituliskan atau dicatat. Makanya sayang kan inspirasi didatangkan oleh Si Pemberi Ilham ( Allah SWT ) eh kok malah dibuang tanpa bekas. Sayang dong. Ada inspirasi langsung tulis. Langsung datang ke depan komputer. Ketik kalimat demi kalimat apa yang ada di dalam pikiran anda.

3. Jangan hiraukan dulu, kegelisahan yang ada di benak kita. Misalnya, duh gimana yan jika tulisan saya membosankan, tidak laku, tidak ada yang mau membaca, bagaimana ya jika tulisan saya ini justru menjadi bahan tertawaan banyak blogger dll. Buang sejauh mungkin pikiran pesimis terhadap apa yang kita tulis. Bahkan harus optimis. Bahkan lagi kalau bisa biar aja tulisan saya banyak yang menertawakan, banyak yang komentar dll. Bukankah ngeblog itu jadi menyenangkan jika ada yang ngasih komentar di blog kita. Biarpun komentarnya sedikit memerahkan telinga. He eh he

4. Jangan hiraukan dulu Tata bahasa yang kita tahu di Bangku sekolah. Walaupun diingat akan lebih baik. Tapi jangan sampai karena kita tidak tahu tata bahasa malah jadi tidak menulis. Nggak enak khan? Yang penting nulis dan nulis. Soal apa tulisan kita mau dibaca orang, dikritik orang terserah. Bukankah segala macam kritik adalah merupakan "PUPUK ORGANIK" yang akan membesarkan kita kelak dengan terus lebih banyak belajar?

5. Jika sudah menulis iseng-iseng baca di blog kita sendiri. Seperti yang sering saya lakukan. Sehabis sya psoting artikel di blog tercinta ini, saya buka-buka tuh di HP GPRS sambil melihat-lihat apa ada kata-kata yang tidak tersusun, salah ketik dll. Jika ada yang kurang pas datangi lagi blog kita lalu diedit apa yang kurang as tadi.


6. Jika sudah beres dan oke bersyukurlah. Terima kasih telah engkau berikan inspirasi ada kami. Datngkan lagi inspirasi-inspirasi yang lain.

Oke bos. Salam sukses dari saya.
◄ Newer Post Older Post ►