Jumat, 28 November 2008

Bagaiamana Saya Memulai Bisnis Online

Sekalipun ini terbilang basi untuk diposting ( masak punya blog yang umurnya tahunan baru sekarang cerita tentang bagaimana memulainya he he he ), tapi saya akan tetap menjelaskan dan melakukan posting di blog ini. Alasannya utamanya biar blog ini terupdate secara rutin dan siapa tahu ada yang bisa ngasih saran dan komentar serta juga kritiknya untuk kesuksesan bisnis online saya ke depan. Habis ide untuk posting tentang bagaimana saya memulai bisnis online baru sekarang sih datangnya. Mau apalagi? Semoga aja masih berguna dan paling tidak sobat bisa belajar dari kegagalan-kegagalan saya menggeluti bisnis online beberapa tahun terakhir.

Alkisah ( serius banget ), saya kenal internet mulai tahun 2001. Makanya email saya yang pertama berinisial muktieffendi2001 baik di yahoo atau di gmail. Dari pengalaman membuat email inilah saya mulai sedikit demi sedikit merambah dunia online dan banyak berkenalan dengan banyak orang. Saat itu saya ingat betul, iseng-iseng ikut forum mailing list Yahoo yang banyak bertebaran di internet terutama di Google dan Yahoo. Nah dari ikut forum mailing list inilah saya banyak dan kebanjiran email yang isinya promosi-promosi bisnis online. Sejak itulah saya mulai mempelajari sedikit demi sedikit dunia bisnis online. Kalau tidak salah saat itu saya join bisnis sms ( kok saya lupa namanya ya ) dengan sponsor bapak Eri Ardianto dari Surabaya. Kenal pada bapak inilah saya mulai mengenal bisnis online secara detail mulai dari program bisnis HYIP, MLM, Paid to read email dll.


Apanya yang menarik dari bisnis online? Ketika pertama kali kenal dengan bisnis online yang tergambar dan terbayang di benak saya hanya satu ; mudah cara kerjanya, praktis dan tinggal duduk saja di depan komputer buka buka internet ternyata bisa menghasilkan uang tanpa peras keringat. Beda dengan bisnis yang lain yang lebih banyak mengeluarkan modal dan tenaga.

Setelah beberapa pengalaman saya jalani, paling tidak ada beberapa hal yang perlu dimiliki bagi sobat yang ingin memulai bisnis online untuk dijadikan pertimbangan.

1. Tentu saja sarana komputer dan alat untuk akses internet. Kalau belum punya, kita bisa menggunakan layanan akses internet yang disediakan untuk umum lazim disebet Warnet ( Warung Internet )

2. Bila sudah siap no 1 di atas, kuasai ilmunya. Karena ini adalah bisnis online tentu saja ilmu bisnis online. Tempat belajar bisnis online silahkan buka-buka lagi posting saya sebelumnya tentang tempat belajar bisnis online

3. Jangan malu-malu untuk bertanya seputar program bisnis online yang sedang kita pelajari. Ingat "Malu Bertanya Sesat Di jalan". Tanyakan pada semua pihak yang terkait tentang bisnis online yang sedang sobat pelajari. Bacalah webnya dengan teliti status hukum bisnis tersebut, kredibilitasnya, dan segala hal yang berkaitan dengan bisnis yang sedang dipelajari. jangan malu untuk bertanya kalau memang kurang mengerti. Dari pada nanti akan menyesal di kemudian hari, kan lebih baik mulai sekarang diteliti dengan cermat.

4. Jika langkah ke-3 sudah dikuasai, barulah menyusun strategi untuk mengembangkan bisnis online yang sedang kita ikuti. Setiap program bisnis online yang ada di internet biasanya disertai web replika sebagai alat untuk mempromosikan bisnis online kita. Misalnya kita ikut bisnis reseller, jangan lupa untuk memakai produk reseller tersebut dan juga mempromosikan url atau web replikanya. Hanya dengan mempromosikan web replika kita bisa mendulang uang dengan mudah. Bisnis reseller itu ada modalnya. Ada yang tanpa modal sama sekali seperti bisnis afiliasi Amazon. Cukup daftar menjadi afiliasinya, ambil kodenya di member area, masukkan di web atau blog kita. Jika ada yang membeli barang / produk Amazon lewat web blog kita, maka komisi otomatis datang ke account kita berbentuk uang dolar. Bisa pake cek, Paypal dll. Saya juga sedang coba ikut bisnis afiliasi seperti yang saya posting di sini

Tentu saja Berbisnis online memerlukan waktu, perjuangan, usaha, kesabaran dan bahkan modal. Maka dari itu belajar bisnis online tiada henti-henti secara rutin adalah kunci sukses menuju keberhasilan. Bahkan sayapun masih juga belajar. He he he
◄ Newer Post Older Post ►