Minggu, 22 Juli 2012

Ribuan Umat Islam Buka Puasa Bersama di Masjid Istiqlal

Jakarta - Ribuan umat Islam memenuhi lantai dasar masjid Istiqlal, Jakarta Pusat sejak sore. Mereka berkumpul untuk bersama-sama buka puasa di hari pertama Ramadan 1433 H tahun ini.

Pantauan detikcom, Sabtu (21/7/2012), para jamaah sudah mulai berdatangan sejak pukul 17.00 WIB. Mereka datang dari sejumlah wilayah di Jakarta. 10 Menit sebelum azan maghrib berkumandang, pengurus masjid menggelar zikir bersama dengan dipimpin saha seorang pengurus. Sementara jamaah terus berdatangan dan menempati tempat-tempat yang disediakan.

"Kalau ramainya itu Jumat, Sabtu dan Minggu," ujar salah seorang panitia buka bersama di Masjid Istiqlal, Lukman.

Jamaah duduk bersila saling berhadapan dalam beberapa saf yang memanjang. Jamaah pria dan wanita dipisahkan dalam ruang yang berbeda. Menu yang disediakan panitia berupa minuman teh, kurma dan nasi kotak.

Selama Ramadan, pengurus masjid Istiqlal menyediakan makanan takjil sebanyak 3.000 porsi setiap hari.

"Kita hanya membentuk panitia ini untuk menyukseskan pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadan. Panita ini sudah ada sejak 2005 dan terdiri dari puluhan orang. Jadi kalau ada orang yang mau menyumbang takjil bisa langsung mengubungi Panitia Amaliyah Ramadan," ujar panitia yang lain, Adnan.
◄ Newer Post Older Post ►