Sabtu, 22 Maret 2008

Kunci Sukses Bisnis Online Adalah Jujur

Rekan blogger yang sukses, saat ini adalah bulan saat kelahiran seorang Nabi panutan ummat Islam Muhammad SAW dan datang ke dunia untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. Yaitu bulan Robiul Awal. Kelahiran beliau adalah sebuah momentum sejarah yang tak kan pernah terlupakan sepanjang hayat dan seanjang kehidupan karena keberhasilan dan kesuksesan beliau dalam mengemban amanat dari Allah untuk menyempurnakan Akhlaq di muka bumi ini.

Mengingat hari kelahiran beliau saya jadi ingat bahwa di antara kesuksesan Nabi Muhammad ( disamping kesuksesan beliau dalam berdakwah ) adalah keberhasilannya berbisnis pada saat menjadi patner bisnis Siti Khotijah ( seorang janda kaya di Mekkah waktu itu ). Apa yang menjadi kunci sukses Nabi Muhammad ( waktu belum diutus menjadi Rosul ) waktu itu ? yang tangkap dalam sejarah ada 2 hal penting kunci sukses beliau berniaga atau berbisnis Yaitu :

1. Kejujuran dan transparansi. Dalam sejarah beliau membawa dagangan Siti Khotijah. Di antara yang dijual adalah kurma. Beliau sebagai sales kurma menerangkan secara jujur kepada pembeli di mana kurma yang baik dan di mana kurma yang jelek. Artinya tidak dicampur adukkan kurma yang baik dan yang jelek yang kemudian semua kurma dikatakan baik. Ini kejujuran yang dimiliki beliau. Sehingga pembeli tidak merasa tertipu ketika melakukan transaksi dengan Beliau karena sudah jelas ( Transparan ) mana kurma yang baik dan mana yang jelek.

2. Kesabaran. Ya, beliau sabar sekali menjadi Sales Siti Khotijah dan rela berjerih payah pergi ke negeri Syam hanya untuk melakukan sebuah tugas bisnis. Yang saya dengan negeri mekkah ke syam itu jaraknya sekitar 500 km. Dan ini dijalani oleh beliau dengan hanya menunggang seekor unta. Bisa dibayangkan barapa hari perjalanan yang ditempuhnya.

Nah, apa yang bisa kita petik dari sejarah nabi ini? Ya, tentu udah sangat jelas kan. Kita harus jujur dan sabar bergelut dengan bisnis online. Bisnis online apapun bentuknya sangat sangat memerlukan kejujuran dan kesabaran kita. Ketelatenan dan tak mudah patah semangat adalah kunci sukses bisnis online. Saya katakan ini bukan berarti saya udah sukses atau bermaksud menggurui sobat-sobat semua. Tapi itulah yang saya pelajari dari pengalaman orang-orang yang sukses. Salah satunya bisnis Adsense misalnya. Bagaimana tips suksesnya? Ternyata kita dituntut untuk sangat jujur menjadi Publisher adsense. Tentu saja dengan mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan oleh Google adsense. Misalnya jangan Klik sendiri iklan adsense kita, jangan order atau nyuruh orang untuk klik Iklan adsense kita dll. Mari ikuti aturan itu. Sambil tak lupa untuk terus belajar, bertanya ( jangan pada Dukun lho ) pada orang yang ahli dalam adsense, berbagi info dengan orang lain. Juga jangan lupa untuk sharing info dan tips pada orang lain kalau udah sukses.

Itu aja sobat blogger tips dari saya tentang bisnis online. Jadi serius banget ya. Semoga bermanfaat ya

Salam Jujur dari saya
Mukti Effendi
◄ Newer Post Older Post ►