Kamis, 27 Maret 2008

Google AdSense Support Blog Bahasa Indonesia ?

Suatu malam, tepatnya pada malam Rabu tanggal 25 Maret 2008 saya nonton sinetron berjudul CAHAYA di RCTI. Sambil nonton bagaimana bahagianya Satria dan cahaya "Jadian" dan siap menuju ke ranjang pelaminan, Iseng-iseng saya buka ( akses ) blog saya ini melalui HP GPRS. Di Shoutbox saya lihat teman kita Afrid ( Bos Esukes Tuh ) memberikan kabar terbaru tentang Google AdSense yang katanya udah bisa dan support di blog bahasa Indonesia. Spontan deh, Alhamdulillah. Walaupun terus terang saya sendiri masih belum baca email resmi dari team Google tentang berita ini, saya langsung pergi ke komputer dan mengetik artikel saya ini.

Dengan adanya berita ini kita patut angkat topi ke team Google AdSense dan kita harus berjanji bahwa kita akan jujur dan sportif untuk mengikuti aturan ( TOS ) yang ditetapkan oleh mereka. Bukankah Kunci sukses bisnis online adalah jujur ? Wah jadi menggurui lagi nich. Maaf ya. Ketika artikel ini ditulis saya tidak tahu pasti bentuk, sistem dan cara kerja bagaimana Google AdSense bisa support di Blog Bahasa Indonesia. Karena itu tadi, saya belum baca dan belum buka email saya. Kebetulan Akses Im3 sedang ada gangguan jaringan di daerah saya Kalimantan Selatan. Tapi paling tidak ini adalah info berharga yang bisa kita jadikan cambuk untuk kita lebih konsisten membuat blog yang berkwalitas.

By The Way atau ngomong-ngomong tentang Google AdSense yang support Bahasa kita Indonesia, sebenarnya saya pernah lho kirim email yang isinya minta kejelasan kapan Google AdSense bisa support bahasa Indonesia. Dengan bahasa Inggris yang tertatih-tatih saya tulis email seperti ini ( Ini sunguhan lho, bukan hasil rekayasa ) :

========================================================
ditulis : 20 Januari 2008

Halo dear, I have question very long time! When will adsense google
support indonesian language site and blog? We all from indonesia are
waiting for this moment.
Kindly reply this email please

best regard
MUKTI


========================================================
Dibalas oleh google pada tanggal 2 Pebruari 2008


Beberapa hari kemudian ada balasan dari team google adSense dengan bahasa Inggris yang tersusun rapi tidak seperti punya saya, begini jawabannya :

========================================================

Hi Mukti,

Thanks for your email. As you may know, we're only able to provide support
in your language for AdSense for Search at this time. This means that
AdSense for Content, Referrals, and other AdSense products aren't
available right now in your language. As a result, we're currently unable
to add any of these features to your account.

However, we'll be sure to let you know if we offer these options in the
future. Thanks for your patience as we expand our program.

For additional questions, I'd encourage you to visit the AdSense Help
Center ( http://www.google.com/adsense_help ) or the official AdSense blog
( http://adsense.blogspot.com?utm_source=txft ). Alternatively, feel free
to post your question on the AdSense Help Forum (
http://groups.google.com/group/adsense-help?utm_source=txft ).

Sincerely,

Priya
The Google AdSense Team

======================================================
Intinya adalah bahwa : Tunggu tangal mainnya Google AdSense akan support bahasa indonesia. Ternyata sekarang Google AdSense telah merealisasikan janjinya. Mungkin mereka memenuhi permintaan saya ya he he he. Ya atau bukan, yang penting kita udah bisa memasukkan iklan AdSense di Blog Bahasa indonesia dan kita harus siap-siap untuk mendulang dan terima cek dolar dari Google AdSense yang akan segera datang ke rumah kita. Apa iya ya?

Apa yang bisa kita lakukan sekarang? ya, segera update blog, masukkan kode adsense. Beres deh. Tapi saya ingatkan diri saya sendiri ( dan juga sobat para Publisher ), Jangan lupa untuk tetap jujur, konsisten, sportif. Kalau Google Support orang Indonesia, kita juga harus support dengan menjadi Publisher yang baik. Gimana, Setuju.....?

Oke ya, semoga sukses deh sobat semua

Salam saya
Mukti Effendi
◄ Newer Post Older Post ►