Minggu, 05 Februari 2012

Tips Meningkatkan Traffic Blog Lewat Twitter

Traffic bagi blogger adalah merupakan suatu keniscayaan atau sebuah keharusan. Jika anda blogger, kemudian menulis banyak artikel di blog, lalu anda tidak mengharapkan traffic / lalu lintas kunjungan ke blog anda, maka saya angkat topi karena saya yakin anda benar-benar blogger yang sejati, blogger yang rela dan ikhlas dalam menulis. Terus terang saya tidak bisa meniru cara dan jalan yang anda tempuh. Sebagai blogger jujur saja bahwa saya sangat memerlukan traffic. Walau traffic bukan tujuan utama saya, tapi tetap akan menjadi kegelisahan utama jika ternyata blog saya tidak ada pembacanya. Dan bukankah traffic adalah merupakan salah satu bagian dari kwalitas artikel yang kita tulis? Artikel yang bermanfaat akan menjadi acuan bagi pembaca untuk terus dan terus membaca, bahkan menunggu artikel-artikel berikutnya.

Dalam kesempatan menulis di Blog Bisnis Online ini saya akan menulis tips tentang cara meningkatkan traffic blog yang banyak diburu oleh blogger. Tapi tidak seperti pada umumnya tips-tips untuk menambah traffic biasanya lewat optimasi SEO, Blog walking, Tukeran link dll. Cara yang saya gunakan adalah meningkatkan traffic lewat Twitter. Tahu Twitter? Saya yakin anda tahu jejaring sosial yang satu ini.

Penggunanya tidak hanya kalangan blogger, pelajar, bahkan para selebritis juga keranjingan memanfaatkan Twitter untuk hanya sekedar bertwit-twit, curhat dll. Apakah bisa Meningkatkan Traffic Blog Lewat Twitter? Sepengalaman saya bisa. Bahkan ada beberapa teman yang 90% traffic blognya adalah dari Twitter. Visitor online blognya mencapai ratusan orang, bisa dibayangkan hit trafficnya perhari, perbulan dan pertahun. Bisa mencapai jutaan tuh.


Kuncinya adalah Follower


Ya, jika anda ingin meningkatkan traffic blog maka langkah pertama adalah memperbanyak follower. Follower adalah pengikut anda di Twitter. Setiap anda melakukan update status maka status tersebut akan muncul di Timeline setiap follower. Jadi follower anda akan disajikan update status sehingga mereka bisa membacanya. Nah jika status anda adalah artikel terbaru maka mereka akan membaca dan jika anda link maka mereka akan diarahkan juga untuk membaca dengan lengkap melalui link tersebut. Semakin banyak follower maka tentu akan semakin banyak yang akan membaca artikel terbaru anda. Di sinilah peluang traffic tersebut akan anda dapatkan.


Cara Memperbanyak Follower?

Gampang banget. Mungkin di blog ini telah banyak dibahas dengan detail dan lengkap. Tapi saya sedikit akan paparkan pengalaman saya menambah Follower di Twitter.

  1. Pasang Widget Twitter di blog anda. Dengan memasang banner atau Widget Twitter maka pembaca setia blog anda akan melihat dan jika mereka klik maka akan menjadi follower anda secara otomatis. Mungkin terasa aneh. Mereka kan sudah membaca blog anda tanpa harus menjadi follower? Mungkin ya tapi bisa tidak. Bisa saja pembaca blog anda tidak berkesempatan atau bahkan lupa alamat blog anda. Nah jika mereka membuka account Twitter, mereka bisa membaca artikel terbaru anda. Ya nggak?
  2. Follow sebanyak-banyak teman. Di Twitter ada istilah atau idiom "Follow Me, I Will Follow You". Artinya ikuti saya maka saya akan ikuti kamu. Siapa tahu dengan memperbanyak follow teman-teman anda di Twitter mereka akan balik follow atau istilah kerennya follow back. Sepengalaman saya dengan menfollow 100 orang, ada 30% yang menfollow balik saya. Jika anda lakukan secara rutin dalam 10 hari anda akan mendapatkan 300 follower. Potensi traffic blog anda adalah menjadi 300 orang per artikel terbaru anda. Menarik khan? Cara follow? Sangat gampang. Login ke Twitter anda dan klik Who want To follow. Anda bisa menfollow siapa saja, teman, artis, pejabat, dan lain-lain. Anda bisa juga menfollow semua alamat email teman anda baik di yahoo atau gmail.
  3. Gunakan Jasa Pihak Ketiga. Untuk menambah follower anda bisa menggunakan pihak ketiga. Maksudnya adalah layanan atau jasa untuk memperbanyak Follower secara otomatis. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah Twiends. Dengan memanfaatkan Twiends anda bisa menambah follower per hari mencapai 100, 200 bahkan 300 orang. Saya sendiri menggunakan jasa Twiends telah memiliki 4000 orang follower dalam waktu sekitar 12 hari lebih. Anda bisa membaca tips-tips saya untuk menambah Follower di blog saya muktiblog.com. Ada ebooknya juga kok gratis.

Tapi walaupun ada cara otomatis seperti pada langkah c, saya menyarankan anda untuk juga menggunakan dan memakai cara a dan b. Karena ke dua cara tersebut sifatnya natural. Artinya follower yang akan dapatkan adalah follower yang benar-benar setia dengan anda dan siap membaca status-status anda. Adapun cara c, bisa saja follower yang anda dapatkan adalah bule-bule yang tidak mengerti secuilpun bahasa blog anda. Tapi untuk blog adsense oke juga anda terapkan.


Mungkin itu saja yang bisa saya paparkan untuk anda tentang Tips Meningkatkan Traffic Blog Lewat Twitter. Saya yakin artikel di atas tidak sempurna. Jadi mohon sumbangan pemikirannya dan juga kritiknya. Salam blogging.

Jangan lupa Follow saya di Twitter dengan Klik link ini
◄ Newer Post Older Post ►