Selasa, 20 April 2010

Televisi Banyak Acara "Sampah"

Menonton teve bisa jadi alternatif hiburan bagi sebagian orang dan memang benda satu ini bisa menyedot perhatian anda sampai berjam-jam untuk menikmati acaranya. Tapi sadarkah kita bahwa tontonan teve saat ini banyak menghadirkan acara-acara atau informasi sampah bagi keluarga anda?.

Sedih banget kalau sudah menonton tayangan yang ada di beberapa saluran teve saat ini, mulai dari sinetron, kekerasan, teror, narkoba, korupsi, kasus markus, pelanggaran HAM dan lain-lain, karena cuma berita itu-itu saja yang terus menerus ditayangkan guna mengejar rating tanpa memperdulikan siapa saja yang menonton acaranya.

Kalau mau jujur, masyarakat sudah banyak dicekoki berita-berita yang update namun tiada tuntas permasalahan-nya, satu muncul, tak berapa lama muncul yang baru. Nah kasus yang pertama tadi lenyap tak berbekas dan penonton dipaksa untuk berkonsentrasi kepada masalah baru yang mungkin cuma "dagelan" beberapa orang-orang saja demi mengejar popularitas.

Belum lagi berita selebriti yang sedang bermasalah , berita semacam ini yang menjadi lahan panas bagi para pencari berita infotainmen untuk meliput seleb yang sedang gontok-gontokan,saling lapor, merasa paling benar, merasa paling kuasa atas hak orang lain. Dan berharap mereka (infotainment) mendapat rating tertinggi.

Bagaimana dengan sinetron? Anda suka sinetron..?, acara ini mungkin yang menduduki ranking nomer satu dan alasan mengapa hampir semua orang menyukai acara yang satu ini, karena jam tayang-nya yang pas ketika orang istirahat (prime time) dan memang banyak isi cerita dari sinetron yang diangkat dari cerita sehari-hari.

Namun dibalik itu saya sangat menyesalkan ada sinetron untuk anak yang memunculkan unsur kekerasan didalamnya, yang lebih disayangkan sekarang ada tontonan kekerasan yang menjadi bahan tawa bagi penontonnya.

Pertanyaannya , apakah sebegitu parahnya negeri ini, sehingga di Media Indonesia saya sempat membaca headline, berjudul " Negeri ini darurat Markus" dan lain-lain, semua judul yang membuat kita menjadi bingung, sedih dan merasa sudah tidak ada lagi rasa saling menghormati antar sesama di negeri ini, rasa keadilan untuk semua orang.

Perlu kedewasaan masyarakat untuk menanggapi dalam menikmati dan menyaksikan acara-acara di televisi saat ini. Masyarakat juga harus bisa mem-filter berita-berita atau acara yang layak di konsumsi oleh anggota keluarganya.

Memang tidak semua acara di teve "sampah" semua, ada beberapa yang masih terbilang "mendidik" untuk segelintir stasiun teve, namun persentase-nya kecil sekali.

Saran saya biar pembaca tidak stress akibat pemberitaan di teve, matikan saja., Jangan terhanyut oleh berita-berita yang menyesatkan, karena itu akan berpengaruh terhadap kesehatan dan emosi anda.

Terserah kepada pembaca untuk mengomentari artikel ini, apakah anda setuju dengan acara teve saat ini banyak acara "sampah" atau memang anda sudah menyukai format acara teve saat ini?

Silahkan berkomentar untuk mengeluarkan uneg-uneg anda disini, asal jangan spamming atau ninggalin link yah...nanti di hapus lho...hehe

Semoga bermanfaat.

sumber foto :jakartacity.olx.co.id

◄ Newer Post Older Post ►