Sabtu, 14 November 2009

Serunya Mengikuti Kontes SEO

Berbekal sedikit ilmu tentang SEO saya mengikuti kontes Mengembalikan Jati Diri Bangsa yang diadakan oleh berijitu.com. Ilmunya apa sich? Sebenarnya tidak sulit- sulit amat. Dan tentang seo optimasinya telah banyak dibahas oleh pakar pakar SEO di internet. Sobat bisa cari di om mesin cari google dengan kata kunci optimasi SEO, tips menjadi no 1 di google, dll. Banyak lho yang memberikan tips-tips untuk menjadi no wahid di google. Tentu saja ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Saya pernah tanya pada seorang pakar seo dan ia "menjual" jasa seo untuk web atau blog bahwa Search Engine Optimization berbeda jika khusus untuk kontes. Artinya jika seo diperuntukkan untuk kontes memiliki beberapa faktor penentu yang tidak boleh tidak harus ada di peserta kontes. Saya tidak tahu pasti apa itu, tapi yang jelas saya waktu itu bertanya, bagaimana cara optimasi SEO untuk kontes? Ia bilang ada faktor yang harus peserta kontes lakukan yaitu perbanyak back link. Back link bisa dilakukan melalui Tukar link atau link exchange. Syukur kalau ada yang ngasih back link gratis ke blog kita, perbanyak komentar di blog do follow, submit ke social bookmarking, dan lain-lain. Akan lebih dahsyat lagi jika membeli link di beberapa blog atau web yang memiliki PR tinggi.


Lho kok jadi kemana-mana ya? Kan judulnya Serunya Mengikuti Kontes SEO. Oke terima kasih ya telah mengingatkan. Blog kita tercinta ini telah cukup lama mengikuti kontes SEO. Yang saya lakukan adalah beli link, komentar sana sini ( tentu di blog yang do follow ), submit ke media social bookmarking PR 4 ke atas, tukar link. Khusus untuk tukar link, akan saya masukkan di side bar Pendukung kontes. Lihat aja di sebelah kanan. Tapi maaf ada yang lupa. Bahwa tukar link untuk mendukung kontes seo ini hanya akan saya letakkan sampai kontes ini berakhir. Setelah kontes ini selesai maka link sobat akan saya masukkan di menu tukar link yang lain di bawahnya. Tapi tenang aja, tidak akan saya hapus kok. Dan saya mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga pada sobat yang telah mendukung blog ini dalam kontes.

Bagaimana keadaan blog ini setelah bertarung di kancah kontes seo? Ternyata untuk menjadi no 1 di kontes bukan perkara mudah. Sama sulitnya dengan temanya Mengembalikan Jati Diri Bangsa. Selama beberapa hari blog ini tetap bertahan di urutan no 4 di halaman pertama pencarian. Kadang-kadang harus rela digusur dari peredaran aleas melorot ke no 20 berada di halaman 2 google. Begitu terus. Bila blog berada di halaman pertama lega hati ini. Tapi bila hilang dari halaman pertama saya segera pergi ke komputer untuk optimasi seo lagi. Kasih komentar adalah senjata ampuh saya mengembalikan blog ke halaman pertama. Begitu terus. Agak capek juga ya. Ya namanya usaha mas mas.

Seru ndak ya. Komentarnya dong!!!
◄ Newer Post Older Post ►