Kamis, 24 Maret 2011

Waspada Demam Berdarah dan Obat Alaminya


Demam Berdarah adalah penyakit yang sangat bahaya, penyakit akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang ditularkan oleh nyamuk. Penyakit ini ditemukan didaerah tropis dan sub-tropis, dan menjangkit luas di banyak negara di Asia Tenggara. Ada empat Jenis virus dengue, masing-masing dapat menyebabkan demam berdarah, baik ringan maupun fatal.
Ciri-Ciri :
Demam berdarah umumnya ditandai oleh demam tinggi mendadak, sakit kepala hebat, rasa sakit dibelakang mata, otot dan sendi, hilangnya napsu makan, mual-mual dan ruam. dan pada anak-anak dapat berupa demam ringan yang disertai ruam.
Demam berdarah yang lebih parah ditandai dengan demam tinggi yang bisa mencapai suhu 40-41 derjat Celcius selama dua sampai tujuh hari, wajah kemerahan, dan gejala lainnya yang menyertai demam berdarah ringan. Berikutnya dapat muncul kecendurangan pendarahan, seperti memar, hidung dan gusi berdarah, dan juga pendarahan dalam tubuh. Pada kasus yang sangat parah, mungkin berlanjut pada kegagalan saluran pernapasan, shock dan kematian.
Pencegahan :
Melakukan kebiasaan baik, seperti makan makanan bergizi, rutin olahraga, dan istirahat yang cukup;
Memasuki masa pancaroba, perhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal dan melakukan 3M, yaitu menguras bak mandi, menutup wadah yang dapat menampung air, dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang perkembangan jentik-jentik nyamuk, meski pun dalam hal mengubur barang-barang bekas tidak baik, karena dapat menyebabkan polusi tanah. Akan lebih baik bila barang-barang bekas tersebut didaur-ulang.
Fogging atau pengasapan hanya akan mematikan nyamuk dewasa, sedangkan bubuk abate akan mematikan jentik pada air. Keduanya harus dilakukan untuk memutuskan rantai perkembangbiakan nyamuk.
Segera berikan obat penurun panas untuk demam apabila penderita mengalami demam atau panas tinggi.
Jika terlihat tanda-tanda syok, segera bawa penderita kerumah sakit.

Pengobatan :
Bagi penderita Demam berdarah disarankan banyak-banyak minum air putih, atau melakukan salah satu pengobatan Alternatif yang dikenal dengan Minum Jus jambu biji bangkok walaupun belum terbukti secara medik tetapi jambu biji bisa mengembalikan cairan intravena.
atau Cara di bawah ini:
Cara I
Ambilah 1 butir buah kelapa hijau yang masih muda, lalu ambil airnya.
Campurlah air kelapa hijau tersebut dengan air perasan jeruk nipis.
Minumlah ramuan seperti itu secara rutin setiap hari. Dengan cara ini niscaya suhu badan akan menurunkan dan penyakit demam berdarah akan segera sembuh.
◄ Newer Post Older Post ►