Kamis, 17 Maret 2011

Pengertian Penyakit Asam Urat dan Obatnya


Asam UratGout Artritis adalah hasil atau sisa dari metabolisme tubuh oleh salah satu protein, purin dan ginjal, Asam itu sendiri berbentuk kristal-kristal. Jadi tidak semua nyeri sendi itu disebabkan oleh asam urat. Penyakit ini tidak hanya di alami oleh orang tua, tetapi orang Muda juga bisa tertimpa penyakit ini.
Makhluk hidup yang dijadikan bahan makanan mengandung zat yaitu Purin. Buah-buahan dan Sayuran juga tidak lepas dari Purin, Jadi Purin akan berpindah ke tubuh kita bila kita memakan makhluk hipup yang mengandung purin. Dengan mengkonsumsi  bahan makanan yang banyak mengandung Purin bisa meningkatkan kadar Asam urat itu sendiri, yang berakibat berkumpulnya asam urat dipersendian dan menimbulkan bengkak dan rasa nyeri. Nyeri ini terus berulang karna tinggi nya kadar asam urat dalam darah (Hiperurikemia).
Penderita asam urat disarankan menghindari makanan yang mengandung Purin dengan kadar tinggi, seperti : Jeroan, ginjal, hati, limpa, babat, usus, otak, udang, cumi, kerang, kepiting, makanan kaleng(kornet – sarden), telur, daging, kuah daging.
Karna dengan mengkonsumsi makanan tersebut berpotensi penumpukan asam urat. Penderita juga bisa melakukan pengobatan untuk menormalkan kadar asam urat. Banyak Minum air putih yang dapat membantu membuang purin dalam tubuh.
Gejala :
  • Nyeri secara tiba-tiba pada malam atau pagi hari
  • Kesemutan dan Linu
  • Terlihat bengkak, panas, atau kemerahan jika sendi terkena asam urat
Pengobatan :
Cara I
- Alang-alang, Bagian yang digunakan “akar”, 30-60g akar direbus, minum airnya
Note : penderita lambung lemah dilarang minum
- Brotowali, Bagian yang digunakan “Batang”, 10-15g batang brotowali direbus, minum air nya
- Bunga Matahari, Bagian yang digunakan “Bunga”, 30-90gr bunga direbus dan minum airnya.
◄ Newer Post Older Post ►