Rabu, 26 Januari 2011

Jakarta Lumpuh Karena Kemacetan, Bagaimana Solusinya?


Jakarta lumpuh karena kemacetan sudah lumrah bagi rakyat kecil yang setiap pagi harus berjibaku banting setir dari pagi-pagi buta sampai tutup hari. Banyaknya kendaraan yang bersliweran di jalan, tidak didukung dengan kuantitas jalan yang ada. Semua harus rela bermacet-macet ria dikala pagi dan sore hari bahkan sampai malam hari.

Perbandingan jumlah ruas jalan di Jakarta tidak berbanding lurus dengan jumlah kendaraan bermotor yang setiap tahunnya terus membengkak. Ditambah lagi ruas jalan yang berkurang karena banyaknya pembangunan gedung-gedung perbelanjaan di sepanjang ruas jalan yang merupakan jalan yang paling padat di lintasi setiap harinya.

Ambil contoh jalan Casablanca, yang pada akhirnya harus dibangunkan jalan layang, coba anda simak deh, ternyata jalan ini mulai dari Tanah Abang sampai dengan Pondok Kopi adalah jalan yang paling subur untuk pertumbuhan gedung mal dan perkantoran, sehingga setiap harinya jalan ini macet sekali.

Belum lagi jalan-jalan lainnya di ibukota yang setiap harinya merupakan pemandangan yang lumrah bahkan tidak sedikit warga Jakarta yang memilih berangkat pagi sekali padahal jarak tempuh dari rumah menuju kantor dekat sekali (termasuk saya..hehe).

Lalu bagaimana sebenarnya solusi terbaik untuk mengurangi kemacetan di Jakarta, memang pada umumnya orang bilang kalau yang namanya kota besar, macet adalah hal yang umum. Tapi apakah tidak lebih baik kita memikirkan bagaimana pemecahannya supaya Jakarta menjadi kota yang lebih teratur.

Sudah ada beberapa solusi yang ditawarkan oleh Pemda DKI untuk menanggulangi kemacetan di Jakarta, seperti adanya busway dan Road-pricing, kemudian ada wacana adanya pajak progresif terhadap kendaraan bermotor, namun sepertinya hal-hal diatas hanya bisa mengurangi kemacetan cum beberapa persen saja.

Polemik Jakarta akan lumpuh pada tahun 2012 sebenarnya sudah terjadi sekarang, dimana Jakarta yang hanya kota kecil dibanjiri oleh ribuan mungkin jutaan kendaraan dari berbagai kota di sekitarnya, misalnya dari arah Bekasi, Depok, Bogor Tangerang dan sebagainya

Jika anda punya permasalahan dengan kemacetan Jakarta atau uneg-uneg seputar macet,atau punya solusi yang bisa di-share disini, silahkan untuk menuliskan sepatah dua patah kata/komentar di bawah.

◄ Newer Post Older Post ►