Kamis, 18 September 2008

Cara Daftar Menjadi Publisher Google AdSense

Hari gini Bang Kumis baru kasih tips cara daftar Google Adsense?! Ketinggalan dech. Ya masak tidak boleh sich membahas ini. Kan blog tentang bisnis online yang berisi tips-tips dan strategi mencari duit lewat internet. Nah, di antaranya tentu saja sumber untuk cari uang ( dolar ) di internet adalah Google AdSense. Iya khan! Kok jadi marah-marah ya Bang Kumis.

Sebagaimana kita tahu bahwa google adalah media ( istilah keren mesin ) pencari yang paling banyak digunakan di internet. Bahkan ada yang menginformasikan ( saya lupa siapa yang kasih info ) bahwa google adalah mesin pencari terbesar yang banyak dugunakan di Amerika. Sebagai search engine terbesar, google membuat program periklanan yang mempersilahkan advertiser ( pengiklan ) untuk mempromosikan barang dan jasa di Google. Coba kita cek dengan cara membuka www.google.com
. Lalu di kolom search kita masukkan kata kunci "bisnis online" ( tanpa tanda petik lho ). Di hasil pencarian sebelah kanan ada sederetan iklan sponsor yang memanfaatkan Google untuk memperkenalkan barang dan jasa para advertiser. Tentu saja para pengiklan bayar dong ke Google. Kayak di TV TV itu. Ada iklan-iklan sponsor. Dari mana TV TV itu dapat uang untuk menggaji para karyawannya, ya dari iklan-iklan sponsor. Nah iklan-iklan yang dipasang oleh sponsor di Google disebut iklan AdWord. Banyak udah yang memanfaatkan iklan AdWord untuk media promosi karena sistem costnya yang unik. Yaitu pengiklan bayar setiap klik terhadap link mereka.


Waduh kok jadi panjang ke mana-mana ya pembahasannya?! Oke, Google kan dapat banyak bayaran tuh dari pengiklan. Maka Google kemudian berbaik hati mengundang para pemilik web atau blog untuk menjadi Publisher ( Penerbit ) iklan-iklan yang dipasang di Google. Lazim disebut Google AdSense. Setelah kita terdaftar dengan resmi di Adsense maka kita bisa setting sendiri kode-kode ( ada di member area Google Adsense ) dan kemudian di masukkan di web blog kita. Kalau ada pengunjung yang ngeklik itu Iklan AdSense ( Kok bahasanya gini ya ) maka setiap kliknya kita akan dapat komisi. Hanya dari tiap klik yang terjadi. Woow oke banget. Makanya buruan daftar dan siaplah untuk dapat cek dolar setiap bulan ke rumah kita. Emang Bang Kumis udah pernah dapat ceknya? Not Yet aleas belum. capek dech..

Ya saya kasih langkah-langkahnya aja untuk daftar dan cepat diterima menjadi Publisher Google Adsense. Maaf, langkah-langkah ini saya kutip (no copas ) dari blognya Blogger senior Kang Kombor. Mohon izin yang kang Kombor.

1. Buatlah situs/blog berbahasa Inggris. Sangat direkomendasikan buatlah blog di Blogger.com karena blogger sekarang udah jadi milik Google. Jadi siapa tahu dengan memakai blogger pendaftaran kita jadi cepet dan lancar. Syarat untuk menbuat blog di Blogger.com cukup mudah, yaitu punya account google atau gampangnya punya account email google. Kalau belum punya silahkan sign up di mail.google.com.

2. Isi blog yang sudah kita buat dengan artikel bahasa Inggris
Ingat harus dengan artikel berbahasa Inggris, karena google AdSense masih belum support bahasa Indonesia. Caranya gimana jika tidak tahu bahasa Inggris ? Gampang kok. Cari aja di google dan masukkan kata kunci "free article". Pilih salah satu untuk kita comot artikelnya. Tentu saja jangan lupa setiap posting artikel ( hasil comot ) untuk meletakkan link ( situs yang kita comot ) dan writter ( penulis kalau ada ) di bagian atas postingan atau di bawah posting. Posting antara 10 hingga 20 artikel. Bahkan kalau bisa bersabar lah untuk posting artikel setiap hari hingga mencapai 20 artikel agar terkesan bahwa blog kita itu diupdate tiap hari.

3. Mulai daftar Google AdSense
Nah, mulailah mempersiapkan diri untuk segera mendaftarkan blog hasil jerih payah kita ( Hasil copas bro ) ke Google AdSense. Setelah terbuka windownya klik "Sign Up" isi data - data dengan lengkap termasuk blog dan identitas kita. Catatan : nama yang didaftarkan atau identitas yang dimasukkan di form pendaftaran "WAJIB" sesuai dengan KTP untuk mengindari hal-hal yang tidak kita inginkan pada saat pencairan Cek nanti.

4. Tetaplah isi blog dengan artikel bahasa Inggris
Ya, tetaplah update blog dengan cara posting artikel bahasa Inggris setiap saat agar situs/blog kita kelihatan hidup.

5. Tunggu dech keputusan Google AdSense
Tunggu aja antara 3 sampai 7 hari. Sepengalaman saya situs saya diapprove setelah 3 hari.

Itulah beberapa langkah untuk mendaftar menjadi Publisher Google AdSense. Artikel ini saya kutip dari artikel Kang Kombor dan di sana sini saya rubah redaksi bahasanya sesuai dengan pengalaman saya. Untuk Kang Kombor saya ucapkan terima kasih. Untuk rekan Blogger yang masih belum daftar Adsense, selamat dan semoga sukses.
◄ Newer Post Older Post ►