Senin, 19 Mei 2008

Etika Pasang Iklan baris Di Internet

Adalah suatu keniscayaan bahwa di antara salah satu kunci sukses bisnis di internet adalah promosi. Bahkan tidak hanya di internet, di dunia nyatapun ( kopi darat ) promosi adalah satu keharusan untuk memasarkan dan memperkenalkan suatu produk bisnis kepada orang lain. Tanpa promosi apa yang bisa kita perkenalkan pada orang lain. Maka promosi adalah kunci pembuka antara produsen dan konsumen. Hingga dengan begitu maka antara keterikatan antara keduanya untuk memperkenalkan dan memakai prouk yang kita pasarkan.

Karena kebutuhan akan pentingnya promosi itulah maka kita dapatkan beberapa situs penyedia jasa iklan baris sebagai sarana untuk membantu para pialang bisnis online mempromosikan bisnis mereka di internet. Karena kita tahu bahwa terdapat jutaan orang yang ingin mempromosikan bisnis baik offline ataupun online. Bahkan bisa saja bisnis online ingin di-offlinekan dan yang offline ingin di-onlinekan. semua berjalan sesuai dengan keinginannya masing-masing untuk memperkenalkan bisnisnya keada orang lain.

Demikian banyaknya para pelaku bisnis yang ingin produknya laris terjual, mereka memanfaatkan iklan baris sebagai media bertemuanya antara produsen dan konsumen. Untuk melakukan promosi mereka diharuskan untuk mendaftar di sebuah situs iklan terlebih dahulu dengan cara mengisi data-data yang yang teersedia. Baru mereka bisa pasang iklan.Di internet bisa manfaatkan media iklan baris yang jumlahnya puluhahn ribu bahkan ratusan ribu. Ada yang gratis dan ada yang berbayar. Tentu saja ada perbedaan-perbedaan antara keduanya. Belakangan lagi booming situs iklan baris yang tak usah daftar langsung tampil. Sobat bisa lihat contohnya di sini atau di sini Cukup mengisi data-data mulai dari judul iklan, isi iklan, email, no telp dll kita udah bisa posting dan kita bisa melihat tampilan iklan kita. Ada beberapa situs iklan yang telah dioptimasi untuk masuk ke jajaran pertama di search engine seperti Yahoo, google dll.

Untuk pasang iklan baik yang berbayar ataupun yang gratis, ada beberapa aturan dan etika yang harus diikuti. Masing-masing situs iklan memiliki aturan dan sistem yang berbeda. Secara umum - yang saya ketahui - sebagai berikut :

1. Apabila situs iklan mengharuskan kita melakukan pendaftaran terlebih dahulu maka kita WAJIB mengisi form pendaftaran. Isilah formulir pendaftaran dengan data-data kita yang valid. Ingat, jangan sampai kita mengisi data - terutama email dan HP - tapi sebenarnya data itu tidak valid. Aleas ngarang saja. Ini justru akan menjatuhkan kredibilitas kita di internet. Siapa yang suka bergabung dengan orang bohong. Kebohongan satu kali aja maka orang akan sulit percaya. Setuju kan?

2. Jangan melakukan SPAMMING dengan melakukan pemasangan iklan tidak sesuai dengan aturan website aleas posting iklan yang sama secara berulang-ulang. Apalagi kalau iklan kita masih ada di halaman pertama. Sekalipun ada satu web iklan yang memperbolehkan pasang iklan tanpa batasan quota ( Unlimited ) tetap aja pemasangan iklan secara berulang-ulang tidak akan disukai oleh pemasang iklan yang lain. Bahkan yang lain bisa "MARAH" melihat iklan kita bertumpuk-tumpuk di halaman pertama. Ini tentu tidak baik untuk masa depan bisnis kita. Orang marah sulit untuk join kan?

3. Ikutilah aturan web iklan yang ada. Jika web iklan memberikan aturan untuk pasang iklan 1 kali sehari ya pasang satu kali saja. Jika web iklan memperbolehkan pasang iklan tiap 5 menit maka pasanglah iklan tiap 5 menit. Bahkan Sekarang ada beberapa situs iklan baris yang dimodifikasi khusus untuk pemasangan iklan dalam jangka waktu tertentu. Seperti http://ads.oggix.com hanya memperbolehkan pasang 1 iklan yang sama dalam satu hari. Apabila kita pasang iklan yang sama dalam satu hari maka secara berulang, otomatis web akan memberikan "warning".

4. Buatlah isi iklan yang sopan dan jujur. Iklan yang sopan dan jujur akan mendatangkan banyak pembeli. Ini sangat bagus untuk masa depan bisnis kita. Jangan buat iklan yang justru tidak sesuai dengan isi website yang kita promosikan.

5. Apalagi ya? Ada saran dan sumbangan daro rekan blogger? Kasih komentar dong.

Oke sekian aja ya. Semoga manfaat dan sukses

MUKTI EFFENDI
◄ Newer Post Older Post ►